Welcome To D'site

Many Article Can You Get Here
Follow Me

MDF Pt.Telekomunikasi Indonesia



By  Unknown     23.43    Label:, 

MDF(Main Distribution Frame) Pt.Telkom






      Assalamualaikum wr.wb . Pada artikel ini saya akan membahas tentang MDF di Pt.Telekomunikasi tbk , hehehe berhubung dulu saya pernah prakerin di Pt.Telkom Sidoarjo tepatnya di ruang MDF(Main Dristribution Frame). Ok langsung saja saya jelaskan apa itu MDF , MDF Pt.Telkom adalah suatu ruangan/perangkat yang mengatur sebuah aktifitas jaringan data/telefon, MDF juga merupakan perangkat yang menghubungkan antara Server Telkom ke pelanggan telkom lewat Kabel Underground(bawah tanah) . Di MDF sendiri terdapat 3rak yang banyak kabelnya yang biasa dipanggil Rak DSLAM, Rak Primer ,dan Rak Telfon yang saling tergubung menggunakan Kabel khusus, dari 3 macam rak tersebut mempunyai fungsi sendiri-sendiri , nih saya jelasin fungsinya .

  • Rak DSLAM
   Rak DSLAM merupakan rak yang memberi data pada pengguna setelah memasang telfon, sebelum memasang rak DSLAM harus didahulukan memasang Rak Telfon ke Rak Primer kemudian Rak DSLAM ke Primer, yang dihubungkan menggunakan kabel khusus dari Pt.Telkom.

  • Rak Telfon
 Rak telfon merupakan rak yang memberi nomor/alamat telefon sesuai permintaan sebelumnya dari pihak Telkom , Bila Pengguna ingin memasang telfon saja maka tidak perlu mengghubungkan lagi ke Rak DSLAM hanya Rak Telfon ke Rak Primer saja.

  • Rak Primer
  Rak Primer merupakan rak yang menghubungkan antara Rak DSLAM & Rak Telfon dengan katalain sebuah Rak Penghubung.

       Setelah Membahas Rak-rak yang ada di MDF saya akan memperkenalkan kepada kalian tentang apasaja Tools/Alat yang digunakan di MDF, Ok langsung saja nih alat nya .

  • Tang
 Tang di MDF digunakan untuk memotong kabel yang akan digunakan untuk menghubungkan Dari Rak ke Rak.

  • Kabel
 Untuk Kabel yang digunakan untuk menghubungkan Dari Rak ke rak ini menggunakan kabel yang berbeda dengan yg lainnya , Pt.Telkom menyediakan kabel khusus untuk di MDF

  • Insertion tool/Krone
   Insertion tool/biasa dikenal dengan Krone di MDF telkom digunakan untuk menghubungkan /menancapkan kabel kedalam rak Primer/Telfon serta untuk menjabut kabel yang sudah tertancap di Rak, Untuk Krone DSLAM berbeda dengan yg lain karena untuk DSLAM ini Krone nya ukuran nya sedikit lebih besar dari Rak Telfon/Primer.

  • Pesawat Telefon
   Pesawat Telefon yang digunakan ini sangat berbeda bukan seperti Pesawat Telefon yang biasanya , Pesawat telefon yang ini digunakan untuk mengecek nomor, gangguan,dll pada Rak Primer,Telfon dan DSLAM.

  • Tester
 Tester Pada MDF ini digunakan untuk mengecek apakah sudah/belum sebuah Rak Primer menerima data dari Rak DSLAM.




   yah saya rasa itu sudah cukup untuk artikel kali ini , Terimakasih sudah membaca ya . Apabila ada Kesalahan kata mohon kirim pesan di E-mail ini + Jangan lupa Subscribe/Like ya guys. thanks (y)..



Bonus nih , Foto saya pas Di MDF :D narsis dikit boleh kan :D

About Unknown

Nama saya Aldion Amirrul Endryanto yang biasa dipanggil"dion" , Saya tinggal di sidoarjo-jawatimur , saya lahir tanggal 29-10-1998 di blitar. Motto saya adalah "Jangan pernah mengandalkan orang lain selagi kau masih bisa melakukan nya"..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Translate